logo
Magister Kehutanan
Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman

Berita

Program Studi Kehutanan Program Magister

# 14 Jan 2019
PELATIHAN ANDROID UNTUK PEMULA

Komputer sebagai perangkat berteknologi tinggi terus berevolusi menjadi berbagai produk turunan dan saat ini ditanam dengan perangkat komunikasi seluler menjadi gawai pintar (smartphone) berbasis Android maupun iOS. Keberadaan gawai pintar semakin lekat dengan kehidupan masyarakat dan merambah pula ke dunia pendidikan. Di beberapa perguruan tinggi kehutanan di dunia termasuk lembaga riset, telah banyak membuat aplikasi berbasis Android untuk mentransformasikan prinsip-prinsip dasar alat kehutanan ke dalam gawai pintar.

Pada tahun 2018 lalu, pemerintah melalui Kementerian Ristekdikti gencar mendorong perguruan tinggi untuk beradaptasi pada kenyataan ini yang kemudian dikenal dengan istilah Revolusi Industri 4.0 yang bertumpu pada pengembangan teknologi informasi dan komunikasi digital berbasis internet.

Atas dasar itulah, Program Studi Magister Ilmu Kehutanan melihat peluang untuk menciptakan titik unggulan baru untuk dijadikan “scientific branding” guna mendukung eksistensi pendidikan tinggi kehutanan jenjang magister di Universitas Mulawarman dan salah satu langkah awalnya adalah dengan mengadakan pelatihan pengenalan aplikasi Android untukPemula yang diharapkan akan muncul satu atau dua aplikasi berbasis Android dengan copyright atau hak cipta berada di Program Studi Magister Ilmu Kehutanan, Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman.

Pelatihan Android untuk Pemula yang dilaksanakan pada Kamis lalu (10/01) di Ruang Bengkirai Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman dibuka oleh Dekan Fakultas Kehutanan yang diwakilkan oleh Wakil Dekan I, Bapak Dr. Irawan Wijaya Kusuma, S.Hut., M.P. “Dengan adanya revolusi industri 4.0, kita harus mengembangkan pula kemampuan internet yang kita miliki. Saya merasa bahwa dengan adanya pelatihan ini sangat penting untuk kita ikuti,” ucap beliau.

Foto: Wakil Dekan I saat memberikan sambutan

Sebelum itu, Koordinator Program Studi Magister Ilmu Kehutanan Unmul yaitu, Bapak Dr. Erwin, S.Hut., M.P. memberikan laporan kegiatan tentang pelaksanaan pelatihan tersebut. “Kegiatan ini sangat penting untuk diikuti, dan mungkin akan dilaksanakan secara lebih mendalam dilain kesempatan.”

Foto: Koordinator Program Studi Magister Ilmu Kehutanan saat menyampaikan laporan kegiatan

Penyampaian materi disampaikan oleh dua narasumber yaitu Eko Junirianto, S.Kom., M.Cs. dari Poli Teknik Pertanian Negeri Samarinda dan Hario Jati Setyadi, M.Kom dari Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi.

Foto: Narasumber yaitu Eko Junirianto, S.Kom., M.Cs. pada saat memaparkan materi.

Pelatihan tersebut diikuti oleh mahasiswa Magister dan Doktor, serta beberapa Dosen dari Fakultas Kehutanan Unmul. Dan mereka sangat antusias dengan diadakannya Pelatihan Android ini, dengan harapan dapat mendukung kegiatan belajar mengajar serta dapat diterapkan dalam dunia kerja.

 


Berita Lainnya